Serba-Serbi Pendaftaran 

Kelompok Bermain & TK Kembang

Apa itu Kelas Lintas Usia?

Program Kelompok Bermain dan TK Kembang dirancang untuk kelas yang terdiri dari anak-anak dengan usia yang beragam, disebut juga kelas lintas usia.

Kelas Kelompok Bermain adalah kelas bagi anak-anak usia 2-4 tahun.
Kelas Taman Kanak-Kanak adalah kelas bagi anak-anak usia 4-6 tahun.

Mengapa Kelas Lintas Usia?

Kami percaya keragaman adalah bagian dari hidup bermasyarakat. Kelas yang beragam memberi stimulasi tentang berinteraksi dengan orang lain yang berbeda-beda, seperti di dalam sebuah keluarga. Kelas yang beragam juga mendorong guru memandang setiap anak sebagai individu yang unik, serta terlatih memperhatikan perkembangan anak dengan membandingkan pencapaian anak dari waktu ke waktu, ketimbang membandingkan pencapaian anak dengan anak lainnya.

Dalam penerapan kelas lintas usia, kami melihat anak-anak dapat menyesuaikan diri lebih baik di sekolah, lebih empatik kepada orang lain, lebih terdorong untuk mencoba dan mengambil resiko, serta mampu mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dalam area perkembangannya sesuai tahap perkembangannya..

Kapan saya bisa mendaftarkan anak saya?

Pendaftaran Kelompok Bermain buka sepanjang tahun. Staf Sekolah Kembang akan memberi informasi mengenai ketersediaan tempat dan hari di kelas yang sedang berjalan. Guru-guru akan membantu Orangtua dan Anak menyesuaikan diri dengan program kegiatan di kelas.

Pendaftaran Taman Kanak-Kanak dilakukan sejak bulan Oktober hingga April untuk permulaan tahun ajaran di bulan Juli. Berlaku cut off date usia yaitu sudah berusia 

4 tahun pada tanggal 30 Juni.

Apakah Kelas Lintas Usia tidak akan merugikan anak saya jika anak saya adalah anak yang paling tua di kelas?

Anak-anak yang lebih tua akan mendapat banyak keuntungan. Mereka akan berkesempatan belajar tentang tanggung jawab, kepemimpinan dan kebanggaan. Mengajari teman yang lebih muda juga merupakan kesempatan berharga untuk memantapkan ketrampilan yang sudah ia kuasai. Anak yang sulit mengendalikan perilakunya membaik jika diminta membantu teman yang lebih muda.

Apakah anak saya akan naik kelas?

Anak akan berada dalam kelompok kelas yang sama hingga usia dan kematangannya cukup untuk masuk TK/SD.

Berapa lama anak saya bersekolah di Kelompok Bermain?

Anak akan sekolah di Kelompok Bermain hingga akhir tahun ajaran ketika cut off date usianya sudah sesuai untuk masuk TK.

Bagaimana jika saya/guru anak saya merasa anak saya belum siap masuk TK?

Jika Bapak/Ibu merasa anak bapak belum siap untuk masuk TK, silakan berdiskusi dengan guru kelas untuk membahas aspek-aspek kesiapan masuk TK. Guru Kelas akan membantu Bapak/Ibu membuat keputusan yang sesuai.

Jika guru berpendapat bahwa anak Bapak/Ibu belum siap masuk ke TK, silakan berdiskusi lebih lanjut tentang pilihan-pilihan yang tersedia. Beberapa anak baru siap masuk ke TK di usia 5 tahun, sehingga masih dapat meneruskan program Kelompok Bermain.

Pada dasarnya Sekolah Kembang percaya bahwa setiap anak tumbuh berkembang sesuai waktunya masing-masing. Beberapa anak membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar siap pindah ke jenjang berikutnya. Mari penuhi kebutuhan anak tersebut!

Apakah anak saya boleh masuk TK setahun saja? Tahun depan usianya 6 tahun dan saya berharap ia sudah masuk SD.

Apakah anak Bapak dan Ibu sudah pernah mengikuti kelas TKA sebelumnya? Jika ya, Bapak dan Ibu dapat mendaftarkan anak ke TK Kembang untuk satu tahun saja. Uang Pangkal akan disesuaikan dengan kebutuhan ini.

Jika belum, kami tetap merekomendasikan anak Bapak/ibu untuk mengikuti program TK selama dua tahun.

Rekomendasi terbaik kami adalah anak mulai sekolah di jenjang SD pada usia 7 tahun. Cut off date usia yang dapat diterima di SD adalah berusia 6 tahun pada tanggal 31 Juni di tahun ia masuk sebagai murid kelas 1 SD.

Anak saya sudah berusia 3 tahun saat ini. Saya memperkirakan ia hanya akan sekolah di Kelompok Bermain selama 1 tahun. Apakah saya harus membayar uang pangkal penuh?

Ada kebijakan pengurangan uang pangkal bagi anak yang mendaftar hanya untuk satu tahun di Kelompok Kembang sebanyak 50%. Jika karena satu dan lain hal orangtua masih ingin melanjutkan satu tahun tambahan di Kelompok Bermain Kembang, maka akan dikenakan tambahan 50% uang pangkal sesuai dengan besaran uang pangkal pada tahun ajaran tersebut.

Anda masih memiliki pertanyaan seputar pendaftaran KB dan TK?