Akademik

Kelompok Bermain & Taman Kanak-Kanak


Di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak, guru melakukan observasi kepada setiap anak untuk memantau tumbuh kembangnya dalam
berbagai aspek. Hasil karya anak anak dikumpulkan sebagai portfolio. Semua data yang diperoleh dalam proses ini akan disajikan dalam bentuk Laporan
Perkembangan yang didiskusikan dengan orang tua di akhir kuartal.

Sekolah Dasar


Di Sekolah Kembang, guru memandang penilaian dan kegiatan belajar mengajar secara terpadu. Guru akan menggunakan berbagai macam bentuk penilaian untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang lengkap mengenai murid. Guru akan mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus murid dan menyertakan murid sebagai peserta aktif dalam kegiatan penilaian.

Kegiatan penilaian yang akan dilakukan meliputi unjuk kerja, hasil karya, tes tertulis, proyek dan evaluasi diri. Tidak ada bentuk penilaian yang dianggap lebih tinggi, lebih penting, atau lebih besar presentasi nilainya dibanding yang lain. Bentuk penilaian akan dipilih berdasarkan kesesuaian dengan kompetensi yang hendak diukur.



Remedial


Di Sekolah Dasar, nilai setiap murid akan dicocokkan dengan Standar Kompetensi Minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Guru kelas anak anda akan menjelaskan Standar Kompetensi Minimal untuk setiap mata pelajaran dalam tahun ajaran ini.

Jika kinerja anak Anda belum memenuhi Standar Kompetensi Minimal, maka guru kelas akan merekomendasikan agar anak anda memperoleh remedial. Kegiatan remedial akan dilakukan secara individu dengan jadwal yang disepakati guru dan orang tua. Orang tua murid tidak dapat mengajukan usul untuk meminta remedial/pelajaran tambahan kepada guru Sekolah Kembang.

Pekerjaan Rumah


Dalam jumlah yang tepat, Pekerjaan Rumah adalah kesempatan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kebiasaan belajar mandiri. Sekolah Kembang hanya memberi pekerjaan rumah kepada murid Sekolah Dasar, dan mengupayakan kegiatan-kegiatan yang bermakna sebagai Pekerjaan Rumah.

Di Sekolah Dasar, anak-anak akan memiliki Buku Belajar Mandiri. Buku Belajar Mandiri digunakan untuk mencatat hal-hal yang perlu dibawa atau dilakukan di hari berikutnya. Dalam buku ini, setiap hari anak akan mendapat sebuah tugas sederhana yang berbeda-beda setiap hari Senin hingga Kamis. Anak diharapkan dapat menyelesaikan tugas atau tantangan sederhana secara mandiri setiap hari. Guru telah merancang agar Buku Belajar Mandiri dapat dilakukan selama 10-15 menit setiap hari.

Tugas-tugas lain umumnya berupa proyek yang dikerjakan secara individu maupun kelompok sesuai dengan tema belajar di kelas.



Tidak Mengerjakan PR atau Ketinggalan Tugas/Barang

Di awal tahun ajaran, guru dan murid setiap kelas telah menyepakati peraturan kelas, termasuk kesepakatan mengenai Pekerjaan Rumah.


Orang tua tidak diperkenankan membawakan tugas atau barang yang tertinggal di rumah selama jam sekolah.


Pertemuan Orang Tua Murid & Guru


Sekolah Kembang akan mengundang orang tua murid Kelompok Bermain, TK dan SD setiap awal semester yaitu pada bulan Juli dan Januari. Dalam pertemuan ini, kami akan menjelaskan program sekolah dan kelas untuk satu semester mendatang. Kebijakan sekolah terbaru juga akan diumumkan dalam kesempatan ini.


Konferensi Keluarga

Penerimaan Laporan Hasil Belajar di Sekolah Dasar pada kuartal 2 dan kuartal 4 akan dilakukan dalam bentuk Konferensi Keluarga. Dalam Konferensi Keluarga, anak akan mempresentasikan hasil belajarnya kepada orang tua dan guru. Kami mendorong orang tua untuk mendengarkan dan mengajukan pertanyaan yang dapat memicu diskusi tentang refleksi dan rencana menentukan tujuan di semester berikutnya.


Laporan Perkembangan Anak/Laporan Hasil Belajar (Rapor)

Sekolah kami membagi satu tahun ajaran ke dalam 4 (empat) kuartal. Orang tua dan guru akan bertemu untuk membicarakan perkembangan murid di akhir setiap kuartal. Selain berisi nilai kuantitatif, rapor SD Kembang juga dilengkapi catatan mengenai perkembangan intelektual, emosi, dan sosial anak Anda.

Harap memperhatikan jadwal penerimaan rapor dalam Kalender Akademis, dan memasukkannya dalam agenda Anda. Jika rapor tidak diambil pada Hari Penerimaan Rapor, orang tua Murid dapat mengambil rapor anak di Kantor Kepala Sekolah usai libur kuartal.

Menghilangkan rapor akan dikenakan denda sebesar Rp 250.000,00 per tingkatan kelas. 


Pengambilan rapor hanya dapat dilakukan oleh orang tua atau wali sah murid.

Ujian Sekolah


Di akhir kelas 6, murid-murid SD Kembang akan menempuh ujian kelulusan yang terdiri dari: 

  • Ujian Sekolah Praktik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Agama, Musik, Seni Budaya dan Keterampilan, Olah raga, dan Pendidikan Lingkungan Jakarta.
  • Ujian Sekolah Tertulis untuk untuk mata pelajaran IPS, Kewarganegaraan, Agama, Musik, dan Bahasa Inggris.
  • Ujian Nasional untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA
Murid kelas 6 akan mendapatkan kegiatan pengayaan dan latihan menghadapi rangkaian ujian kelulusan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh guru kelas. Setiap murid kelas 6 wajib mengikuti kegiatan pengayaan dan latihan menghadapi ujian kelulusan hingga seluruh rangkaian ujian berakhir.


Kegiatan Belajar di Sekolah


Buku  dan Peralatan Sekolah

Semua peralatan yang akan dibutuhkan oleh anak Anda selama di sekolah akan kami sediakan. Kepada setiap murid akan diberikan peralatan menulis dan menggambar yang dapat mereka simpan di kelas. Peralatan lain akan diberikan sesuai kebutuhan kelas. 


Semua buku yang dibutuhkan dalam pelajaran akan disediakan oleh sekolah. Agar tidak membatasi sumber belajar, kami tidak menggunakan buku paket pelajaran. Guru-guru akan merancang sendiri lembar kerja sesuai dengan kurikulum, gaya belajar dan kebutuhan kelas.

Peralatan sekolah/alat tulis yang hilang atau rusak karena perilaku murid merupakan tanggung jawab murid dan murid wajib mengganti sesuai jumlah/harga yang ditentukan sekolah.


Hasil Karya Anak

Anak-anak dibiasakan untuk mengumpulkan hasil karyanya dengan rapi dalam map khusus. Secara berkala, anak akan membawa hasil karyanya pulang ke rumah. Ada kalanya guru anak Anda akan memasang hasil karya anak Anda di kelas atau di sekolah. Pada akhir kuartal hasil karya ini akan dikembalikan untuk dibawa pulang.


Kumpul Bersama (#KumpulBersama)

Sepanjang tahun, Sekolah Kembang akan mengadakan kegiatan istimewa dengan tajuk #KumpulBersama. Acara ini akan mengangkat berbagai tema seputar literasi, budaya, seni, agama, hidup sehat, dan lingkungan. Setiap departemen (KB, TK, dan SD) akan merancang kegiatan yang paling sesuai dengan kelompok umur anak. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat memperluas wawasan anak, meningkatkan kemampuan apresiasi dan menumbuhkan empati.

Beberapa kegiatan Kumpul Bersama adalah 
  • Hari Pertama Sekolah 
  • Hari Kemerdekaan Indonesia 
  • Hari Niaga
  • Hari Olahraga
  • Hari Bumi
  • Hari Keluarga
  • Pesta Karya Anak 
  • Perayaan Hari Besar Agama seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Paskah, Galungan, Waisak, Imlek, secara bergantian. 
  • Kembang Clean Up
  • Ulang Tahun Sekolah Kembang (Pertunjukan Sekolah)