Kebijakan Kesehatan Kembang

Kapan anak sebaiknya beristirahat di rumah?

Batuk, pilek
  • Masih bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah
  • Beritahu guru
  • Ingatkan anak untuk menerapkan sopan santun batuk atau bersin serta sering mencuci tangan.
DemamIstirahatkan di rumah
Iritasi mataIstirahatkan di rumah
Gejala campak, cacar air, HFMD/Flu SIngapura, dan Rubella
  • Beritahu guru
  • istirahakan di rumah hingga betul-betul pulih
  • Memberikan surat keterangan sehat saat akan kembali ke sekolah

Surat Kegiatan

Setiap hari Jumat, guru akan mengirimkan surat kegiatan melalui surel berupa penjelasan mengenai kegiatan dan tugas pada minggu berikutnya. Kami menyarankan agar Anda menyempatkan waktu berbincang mengenai kegiatan sekolah bersama anak Anda, sehingga Anda dapat membantu perkembangan anak.

Saat Anak Terluka di Sekolah

Guru akan menelepon Bapak/Ibu atau nomor telepon darurat yang tercantum dalam formulir melalui telepon sekolah. Sebaiknya Bapak/Ibu menyimpan nomor telepon sekolah dalam Buku Alamat di ponsel Anda.

Anda akan diminta menjemput anak sesegera mungkin bila anak mengeluh sakit atau kami melihat anak lesu dan tidak beraktivitas seperti biasa.

Jika anak cedera, kami akan memberikan pertolongan pertama dan memberitahu orang tua mengenai kejadiannya sesegera mungkin baik melalui telepon atau berbicara langsung.

Jika akan sakit atau cedera yang perlu segera dibawa ke rumah sakit, kami akan menghubungi orang tua melalui telepon terlebih dahulu dan membawa anak ke rumah sakit terdekat. Dalam peraturan sekolah, biaya pengobatan ditanggung oleh orangtua murid.

Kebijakan Penyakit Menular

Bagaimana bila terjadi ada teman anak saya di kelas yang terkena penyakit menular seperti cacar air, rubella, campak atau HFMD?

Setiap anak yang sakit dapat mengikuti prosedur pemulihan seperti di atas. Jika lebih dari dua anak dari kelas yang sama mengalami penyakit serupa, sekolah akan mengeluarkan Lembar Informasi terkait penyakit tersebut pada semua orang tua murid di sekolah untuk meningkatkan kesadaran tentang resiko, faktor penularan dan cara pencegahan.

Semua tindakan pencegahan dan penanggulangan dalam lingkungan sekolah adalah berdasarkan arahan atau rekomendasi dari institusi terkait seperti Puskesmas Kec. Mampang Prapatan, Dinas Kesehatan Pemda DKI, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia , atau rujukan dari beberapa situs seperti www.mayoclinic.com, www.cdc.gov, www.who.int, www.kidshealth.org


IMBAUAN

Hati-hati dan waspada atas telepon penipuan yang mengatakan anak bapak/ibu dalam keadaan darurat di sekolah.

Semua informasi yang berkaitan dengan keadaan darurat akan diinformasikan oleh guru kelas melalui telepon sekolah yaitu 

021 799656 atau 021 799655 dan nomor WA sekolah 0877-536-226-44

Harap simpan nomor ini di telepon genggam Anda.

Kebijakan Makanan & Minuman Sehat

Selama di sekolah anak akan memperoleh dua kali waktu istirahat. Kami menyarankan agar anak membawa makanan ringan untuk istirahat pagi hari serta makan siang untuk istirahat siang hari.
 
Makanan Ringan
Kami menyarankan agar anda membawakan minuman dan buah yang mudah dimakan. Kami menyarankan agar produk makanan ringan yang mengandung pengawet dihindari.

Makan Siang
Kami menyarankan agar anda membawakan makanan yang lebih berbobot daripada makanan ringan, seperti roti atau nasi. Kami mengimbau agar anak tidak membawa/membeli makanan siap saji. 


Sekolah Kembang menyediakan layanan katering makan siang sehat di bawah koordinasi Club Kembang. Anda dapat berlangganan katering yang disajikan secara prasmanan ini dengan menghubungi Club Kembang. 

Minuman
Kami menyarankan agar anak tidak membawa minuman yang mengandung terlalu banyak gula, karena hal ini akan mempengaruhi produktivitas anak di dalam kelas. Kami pun menyediakan dispenser air mineral di sekolah.

Sampah

Untuk menjaga kebersihan sekolah, para murid diwajibkan untuk membawa pulang semua bekal yang mereka bawa dari rumah (bungkusan, kotak minuman, dll).


Alergi Makanan


Jika anak memiliki alergi, harap informasikan mengenai zat atau bahan makanan yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi pada anak kepada guru kelas dan Club Kembang (apabila berlangganan katering).