Sekolah Dasar Kembang

Cerita Kami


Berdiri tahun 2003, SD Kembang hadir untuk menjawab kebutuhan akan pendidikan dasar yang inovatif dan dinamis di wilayah Jakarta Selatan. Sejak pendiriannya, SD Kembang menggunakan pilihan kurikulum, metode belajar, dan mengembangkan hubungan guru dan murid yang aktif dan hangat. Dimulai dari sebuah kelas dengan 10 murid, SD Kembang kini memiliki lebih dari 100 murid di enam tingkatan kelas. SD Kembang juga telah melahirkan alumni-alumni yang kini menuntut ilmu di berbagai sekolah ternama. Alumni kami dikenal sebagai pribadi yang percaya diri, mampu menjadi pemimpin, lugas dalam berkomunikasi, dan menghadirkan perbedaan di dalam lingkungan mereka. 

Belajar Aktif di Sekolah

Literature-based Unit

Literasi adalah bagian penting dalam keseharian belajar di SD Kembang. Menggunakan tema-tema yang disusun berdasarkan literatur anak, pembelajaran menyertakan rangkaian materi dan kegiatan yang ramah anak, kontekstual, dan mendukung perkembangan literasi mereka. Beberapa seri buku yang kami gunakan adalah: Totto Chan, Taman Rahasia, Anak-Anak Kereta Api, Negeri 5 Menara, dan seri Harry Potter. 

Flexible Classroom Design

Kelas-kelas di SD Kembang dirancang menggunakan prinsip flexible classroom design. Ruangan kelas ditata seefisien dan seefektif mungkin menggunakan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Rancangan kelas ini memungkinkan anak-anak bekerja dengan gaya masing-masing di lokasi favorit mereka. 

Unik

Setiap kelas, setiap kegiatan pembelajaran adalah unik. Guru-guru merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan kekhasan dan kebutuhan kelas. Tugas-tugas yang diberikan berusaha mengakomodasi kecerdasan majemuk anak. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih tugas sesuai dengan keunikan mereka

Karya Ilmiah

Anak-anak SD Kembang dibiasakan untuk menghasilkan karya-karya ilmiah sejak dini. Mereka belajar mencari tahu, menganalisis, mengambil kesimpulan, hingga berbagi pengetahuan yang mereka miliki dengan orang lain. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu anak berpikir dalam kerangka ilmiah.  

Tim Sekolah Dasar

SD1

SD 1 tahun ini diasuh oleh Ibu Putri dan Ibu Ayu. Sebelumnya, Ibu Putri mengajar di SD4, dan Ibu Ayu di SD2. Bagi Ibu Putri, mengajar kelas kecil adalah impiannya. 

SD2

SD2 diasuh oleh Ibu Lina dan Ibu Henny. Ibu Lina sebelumnya mengajar di SD4. Ini adalah tahun pertamanya mengajar di kelas kecil. Sedangkan untuk Ibu Henny, ini adalah tahun pertamanya mengajar di SD. 

SD3

Tahun ini, Pak Pras dan Ibu Andin menjadi Ayah dan Ibu untuk anak-anak SD3. Sebelumnya, Pak Pras juga mengajar di SD3. Adapun bagi Ibu Andin, ini adalah tahun pertama kembali ke kelas kecil. Sebelumnya, ia mengajar di SD5. 

SD4

Tim SD4 diisi oleh Ibu Weni dan Ibu Ella. Ibu Weni sebelumnya mengajar di SD5, sedangkan Ibu Ella mengajar di SD2. Ini adalah tahun pertama Ibu Ella mengajar di kelas besar. 

SD5

Ibu Siti dan Ibu Qisti tahun ini menemani anak-anak SD5 belajar di kelas. Ibu Siti sebelumnya mengajar anak-anak SD1. Ini adalah pengalaman pertamanya mengajar kelas besar. Adapun Ibu Qisti sebelumnya mengajar di SD6. 

SD6

Di kelas terakhir Sekolah Dasar, kita akan menjumpai Ibu Wendy dan Ibu Arum. Bagi Ibu Wendy, ini adalah pengalaman pertamanya mengajar di kelas besar. Sebelumnya, beliau mengajar di SD2. Adapun untuk Ibu Arum, ini adalah periode keduanya mengajar di SD6 setelah sebelumnya di SD3,.

Musik

Pelajaran Musik diampu oleh Ibu Lola yang sudah bersama Kembang selama hampir 10 tahun. Ibu Lola mengajar SD3 hingga SD6. 

Olah raga

Olah raga atau pendidikan jasmani di sekolah dasar diampu oleh Kak Yuri. Kak Yuri adalah lulusan Universitas Negeri Jakarta dan juga pelatih fisik atlet Taekwondo nasional.