Taman Kanak-Kanak Kembang


Cerita Kami


Taman Kanak-Kanak Kembang berdiri sejak tahun 2002. TK Kembang didirikan untuk melanjutkan cita-cita dan misi Sekolah Kembang, memberikan pendidikan terbaik untuk generasi masa depan Indonesia. Taman Kanak-Kanak memiliki model belajar yang sama dengan Kelompok Bermain Kembang. 

Mempertimbangkan usia anak, TK Kembang pun memberikan kesempatan yang sangat banyak kepada anak-anak untuk menjelajah dan mengenal lingkungan sekelilingnya dengan cara bermain. Di TK, anak-anak akan menemukan sentra belajar, kegiatan bermain bebas, serta kegiatan khas lain yang juga mereka alami di Kelompok Bermain. 

Saat ini, TK Kembang memiliki tiga kelas. Mulai tahun ajaran 2018-2019, TK akan menerapkan kelas lintas usia (mixed age). 

Setiap kelas akan terdiri dari anak-anak berusia antara 4 hingga 6 tahun dan diampu oleh dua orang guru kelas. 

Bermain di TK Kembang

Sentra Belajar

Bermain di sentra belajar selalu mengasyikkan. Beberapa sentra yang disediakan di kelas antara lain: sentra Musik, Matematika, Sains, dan yang menjadi favorit: Rumah Tangga. Dengan bermain di sentra, anak-anak mempelajari keterampilan praktis yang dapat mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Literasi 

TK Kembang memberikan dasar-dasar kemampuan literasi sebagai persiapan untuk belajar di Sekolah Dasar. Beberapa bekal yang diberikan termasuk membacakan cerita untuk anak, bermain dengan play doh buatan sendiri untuk melatih motorik halus, hingga membuat tulisan di atas tepung. TK juga memiliki jam kunjungan perpustakaan dan hari meminjam buku secara berkala. 

Memasak

Kegiatan memasak juga menjadi bagian penting dalam keseharian Taman Kanak-Kanak. Anak-anak dapat melakukan kegiatan ini secara mandiri di sentra, maupun bersama guru dan teman-teman. Banyak hal yang mereka pelajari dari memasak: perubahan wujud, koordinasi motorik, hingga bekerja sama dalam tim. 

Musik

Musik menjadi bagian tak terpisahkan di TK Kembang. Anak-anak melanjutkan kecintaan mereka terhadap kegiatan bermusik yang telah dimulai sejak Kelompok Bermain. Mengenal nada, ritme, hingga tampil di depan khalayak adalah beberapa kegiatan yang dilakukan saat bermusik di TK Kembang. 

Tim Taman Kanak-Kanak

Tim Taman Kanak-Kanak

Ibu Inez, Ibu Yesika, Ibu Janti, Ibu Wilma, Ibu Yasmin, Ibu Leoni, dan Ibu Mala


Tahun ini, TK Kembang memulai program lintas usia untuk seluruh kelas di Taman Kanak-Kanak. Dengan demikian, dalam setiap kelas di TK Kembang, terdapat anak-anak berusia 4 hingga 6 tahun yang akan bermain bersama. Kelas-kelas di TK dinamai seperti nama-nama gunung: Semeru, Tambora, dan Rinjani. 

Pak Glen

Siapa yang tidak kenal dengan Pak Glen dengan rambut keriting dan tawanya yang bebas? Pak Glen mengajar Musik untuk anak-anak TK hingga SD kelas 2. Anak-anak menyukai kelas Pak Glen yang selalu meriah dan berjalan menyenangkan.